|
|
|
|
|
|

Tuesday 14 April 2009

Caleg Artis Dulang Suara, Bersaing Ketat dengan Politikus

Source : pemilu.detiknews.com
Strategi memasang artis sebagai vote getter partai benar-benar jitu. Beberapa artis yang dipasang parpol memperoleh suara terbanyak nomor 1 atau 2, berkejar-kejaran dengan politikus.

Di situs tnp.kpu.go.id, hingga Senin (13/4/2009) pukul 16.00 WIB membuktikan hal itu.


Sebut saja para caleg artis dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ikang Fawzi dengan nama aslinya Ahmad Zulfikar Fawzi bertengger di nomor urut 1 dapil Banten 1 dengan suara 180.

Hal yang sama dialami artis sinetron Raslinna Rasidin di dapil DKI Jakarta III, bertengger di nomor urut I dengan suara 190. Pelawak Eko Patrio pun seakan tak mau kalah, dia meraja di dapil Jatim VIII dengan suara 53.

Primus Yustisio setali dua uang. Dengan menggaet suara 4.405, dia menguasai dapil Jabar IX. Ada pula Derry Drajat di dapil Jabar II yang mendapatkan peringkat 2 terbanyak. Kadang kala perolehan suara caleg artis itu berkejar-kejaran dengan politikus. Pelawak Mandra mendapatkan posisi nomor 2 dari PAN dapil DKI I dengan 633, di bawah Ketua DPW PAN DKI Andi Anzhar Cakrawijaya yang memperoleh suara 1.051.

Lalu ada Nurul Arifin, caleg Golkar dari dapil Jabar VII, mendapatkan peringkat 1 dengan 4.848 suara. Sementara di bawahnya ada Ade Komarudin yang juga masih menjadi anggota DPR, dengan 2.493 suara.

Dari Partai Demokrat (PD), ada mantan Putri Indonesia Vena Melinda dari dapil Jatim V berada di nomor urut 2 dengan 1.926 suara. Kendati terpaut jauh, Vena mengekor Ketua DPP PD Anas Urbaningrum yang mendapat 18.629 suara.

Malah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) artis Rieke Dyah Pitaloka mengalahkan Ketua Dewan Penasihat PDIP Taufiq Kiemas. Sama-sama bersaing di dapil Jabar II, Rieke memperoleh 1.737 suara, sementara Taufiq berada di urutan berikutnya dengan 997 suara.

No comments:

Post a Comment